fbpx

Kades Jangan Ganti Perangkat Desa Karena Janji Politik Saat Kampanye

Kades Jangan Ganti Perangkat Desa Karena Janji Politik Saat Kampanye
ARAHAN: Pj Sekda Pulpis, Ir. H Saripudin memberikan materi peningkatan kapasitas aparatur dan pembekalan awal masa jabatan bagi 45 Kades terpilih tahun 2021, Senin (17/5/2021). (FOTO: BANGUN).

PULANG PISAU – Kepala Desa (Kades) yang baru menjabat hasil Pilkades serentak di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) diingatkan untuk tidak mengganti perangkat desa semaunya.

Hal ini disampaikan Pejabat (Pj) Sekda Pulang Pisau, Ir. H Saripudin. Dia mengingatkan kepada para Kepala Desa di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat, khususnya yang baru dilantik agar tidak asal-asalan memberhentikan maupun mengangkat perangkat desa. Khususnya atas kehendak pribadi atau atas janji politiknya.

Dikatakan Saripudin, pihaknya menerima informasi dari camat bahwa akan ada Kepala Desa yang menganti perangkat desanya.

“Pada dasarnya boleh saja mengganti tapi harus berdasarkan aturan yang berlaku. Artinya jangan atas kehendak pribadi kades,” kata Saripudin dihadapan 45 Kepala Desa pada kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Pembekalan Awal Masa Jabatan bagi 45 Kepala Desa hasil Pilkades 2021 di Aula Bappedalitbang, Senin (17/5/2021).

Saripudin menegaskan, imbauan ini disampaikan lantaran adanya informasi dari sejumlah camat yang merencanakan perombakan atau rencana mengganti perangkat desa yang disinyalir atas janji politik saat kades dimaksud melaksanakan kampanye.

BACA JUGA: Menggali Potensi Desa, 45 Kades Terpilih Diberikan Pembekalan

“Mengangkat atau memberhentikan perangkat desa jangan semaunya sendiri. Apalagi, dikaitkan dengan hasil pemilihan kepala desa,” katanya.

Oleh karenanya, kata Saripudin, pihaknya kembali ingatkan dan mengimbau agar para kades, jangan semena-mena mengganti atau memberhentikan perangkat desanya kecuali berdasarkan aturan yang berlaku.

“Apabila ini kami temukan maka kami tak segan akan menganulir Kades yang bersangkutan” tegasnya. (ung/bud)

DMCA.com Protection Status