fbpx

Dukung Ketahanan Pangan, Sulap Lahan Kosong jadi Perkebunan Jagung

Dukung Ketahanan Pangan, Sulap Lahan Kosong jadi Perkebunan Jagung
SUBUR: Lahan kosong yang dijadikan lokasi perkebunan jagung oleh jajaran Kodim 1016/PLK. (FOTO: Pendim 1016/Plk).

PALANGKA RAYA– Upaya mendukung ketahanan pangan dilakukan jajaran Kodim 1016 Palangka Raya. Salah satunya, dengan menyulap lahan kosong sekitar kantor menjadi lokasi perkebunan jagung.

Lahan yang digunakan sebagai lokasi perkebunan jagung tersebut, ialah lahan milik TNI AD. Lokasi yang semula hanya ditumbuhi rumput liar diolah menjadi tempat perkebunan jagung yang tergolong berhasil hingga tanaman jagung tumbuh subur.

Dandim 1016/Plk, Kolonel Inf I Gede Putra Yasa mengatakan, pemanfaatan lahan tersebut sebagai bentuk dukungan program strategis ketahanan pangan. Sehingga lahan kosong yang ada di sekitar kantor tidak ditumbuhi rumput liar, namun memiliki manfaat lebih.

“Ditengah pandemi Covid-19 seperti ini tentunya ketersediaan pangan harus terjamin. Kami manfaafkan lahan tersebut agar lebih berguna” ungkapnya, Selasa (17/5/2021).

Untuk mendukung ketagana pangan tersebut, pihaknya melakukan pemanfaatan lahan yang salah satunya dijadikan perkebunan jagung. Dengan pemanfaatan lahan dijadikan perkebunan seperti jagung, menurutnya paling tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

“Kami berharap pemanfaatan lahan seperti ini dapat menjadi motivasi untuk masyarakat, agar memanfaatkan lahan untuk berkebun dan memenuhi pangan keluarga” ungkapnya.

BACA JUGA: Personel TNI Perkuat Pengawasan di Tempat Wisata

Sementara itu, Serda Suyatno sebagai pengelola lahan tersebut menuturkan, tanaman jagung ini dipilih karena merupakan salah satu bahan makanan pokok yang mudah untuk dibudidayakan.

“Untuk saat ini masih jenis jagung. Kedepan akan kami kembanhkan untuk jenis lainnya seperti sayur dan buah” pungkasnya. (Pendim 1016-Plk/bud)

DMCA.com Protection Status