fbpx

Swab Antigen Gratis di Posko Penyekatan Arus Balik Kabupaten Mura

Swab Antigen Gratis di Posko Penyekatan Arus Balik Kabupaten Mura
PEMERIKSAAN: Salah satu pengguna jalan yang menuju arah Murung Raya saat menjalani Swab antigen di pos penyekatan Km 68, Selasa (18/5/2021). (FOTO: UDI).

PURUK CAHU – Tim gabungan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19, Kabupaten Murung Raya (Mura) sediakan layanan Swab Antigen gratis. Layanan ini disediakan di dua pos penyekatan untuk tujuh hari kedepan, sampai dengan 24 Mei 2021 mendatang.

Adanya layanan swab gratis ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Mura dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus penambahan covid-19. Khusunya saat arus balik usai libur lebaran lalu.

Ketua Harian Satgas Mura, Rejikinoor S Sos didampingi Sekda Mura berserta jajaran saat melakukan peninjauan pos penyekatan di Km 68, Dusun Bitan Sempango, Desa Bahitom jalan Puruk Cahu menuju Muara Teweh mengatakan, layanan Swab Antigen gratis ini merupakan upaya Pemkab Mura dalam mengantisipasi lonjakan kasus baru. khususnya usai libur lebaran beberapa waktu lalu.

“Jalannya posko penyekatan kali ini kita pantau setelah ada perintah dari pemerintah pusat agar terus mengantisipasi lonjakan kasus di daerah kita. Sehingga kita sediakan layanan kesehatan di dua posko yang kita miliki,” kata Rejikinoor saat diwawancarai awak media di Pos km 68, Selasa (18/5/2021).

Kinoi sapaan akrab Wakil Bupati Mura ini, mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang melakukan perjalanan kembali ke Murung Raya agar bisa mendukung upaya tersebut demi kenyamanan bersama.

“Kita berharap kerjasama seluruh pengguna jalan yang menuju Murung Raya agar bisa didata identitasnya dan bersedia dilakukan pengambilan Swab antigen di pos langsung,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mura, dr Suria Siri menambahkan bahwa layanan Swab antigen ini akan dilakukan secara random. Jika ditemukan hasil positif dari Swab antigen tersebut khusus bagi pengendara beridentitas Mura akan diberikan pelayanan kesehatan sesuai SOP yang telah ditentukan.

“bagi yang ber KTP Mura akan diberikan layanan kesehatan sesuai prosedur, namun untuk yang ber KTP bukan asal Mura akan kita arahkan agar putar balik,” tambah Kadiskes.

Suria juga memaparkan bahwa proses swab antigen ini hanya memerlukan waktu 15 menit dengan akurasi 90 persen. (udi/bud)

DMCA.com Protection Status