fbpx

Ular Phyton Masuki Peternakan Hendak Mangsa Ayam Warga

Empat Ekor Ular Phyton Masuki Peternakan Warga
EVAKUASI: Salah satu ular yang berhasil dievakuasi tim relawan ERP dari peternakan ayam warga, Minggu (16/5/2021) malam. (FOTO: ERP).

PALANGKA RAYA – Empat ekor Ular Phyton masuk ke peternakan warga di Kawasan Jalan Adonis Samad, Komplek Bandara Utama Estate I, Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, Minggu (16/5/2021) malam.

Keempat ekor hewan melata jenis Ular Malayophyton Reticulatus atau Ular Piton, ditemukan di peternakan ayam warga. Setiap ekor ular, memiliki pajang 2 meter hingga 3,5 meter. Diduga kawanan ular ini sedang mengincar ayam yang ada di peternakan tersebut.

Jean selaku coordinator relawan dari Emergency Response Palangka Raya (ERP) menyebutkan, berawal dari laporan warga adanya ular yang masuk ke kandang peternakan. Menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya menerjunkan sejumlah personel ERP untuk melakukan evakuasi.

“Laporan warga ada beberapa ular yang masuk ke kandang peternakan ayam dan kami tindaklanjuti dengan mengecek langsung ke lokasi” sebut Jean, Senin (17/5/2021).

Saat tiba di lokasi peternakan ayam yang disebutkan, dikatakan Jean ternyata memang benar ditemukan empat ekor ular yang ingin memangsa ayam di peternakan. Melihat hal tersebut, tim ERP selanjutnya melakukan upaya evakuasi untuk mengeluarkan kawanan ular dari kandang.

“Kendala tim kita saat melakukan evakuasi, karena kondisi kandang yang gelap dan kurangnya penerangan” sebut Jean.

Setelah memakan waktu sekitar 45 menit, dengan menggunakan peralatan seperti Snake handling tool kit, kawanan ular tersebut akhirnya berhasil dievakuasi dan dikeluarkan dari kandang peternakan ayam. Kawanan ular ini sendiri, dimasukan ke empat karung  yang selanjutnya dikoordinasikan dengan BKSDA Kalteng untuk penanganan lebih lanjut.

“Untuk ular yang berhasil dievakuasi kami serahkan ke BKSDA Kalteng, agar ditanganani lebih lanjut dan dikembalikan ke habitat asalnya” ungkap Jean.

DMCA.com Protection Status