fbpx

Antisipasi Covid-19, Brimob Kalteng Terjun ke Pemakaman Umum

Antisipasi Covid-19, Brimob Kalteng Terjun ke Pemakaman Umum
IMBAUAN: Personel Brimob Polda Kalteng memberikan masker untuk peziarah di TPU, Jumat (14/5/2021). (FOTO: POLISI).

PALANGKA RAYA – Upaya Antisipasi lonjakan Covid-19 pascahari raya Idul Fitri 1442 H, sejumlah tindakan dilakukan Polda Kalteng. Salah satunya, melibatkan personel Brimob yang diterjunkan langsung ke tengah masyarakat, Jumat (14/5/2021).

Personel Brimob Polda Kalteng melakukan apel siaga di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng. Usai kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan patroli cipta kondisi (Cipkon) yang salah satunya ke kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim.

Kehadiran para personel dari Brimob Polda Kalteng ini, selain menjaga situasi Kamtibmas yang tetap kondusif, juga untuk mengintakan masyarakat pentingnya protokol kesehatan. Termasuk masuk masyarakat yang melakukan ziarah di TPU.

Dansatbrimob Polda Kalteng, Kombes Pol Bambang Widjanarko Baiin, S.I.K., M.Si menyebutkan, personel Brimob Kalteng diterjukan ke sejumlah tempat. Diantaranya kawasan Wisata dan TPU di Kota Palangka Raya. Selain menjaga Kamtibmas yang tetap kondusif, juga sebagai langkah antisipasi lonjakan kasus covid-19.

“Selain menjaga kamtibmas yang tetap aman, personel juga melakukan imbauan kepada masyarakat terkait prokes, seperti penggunaan masker dan tidak melakukan kerumunan” sebut Bambang.

Selain itu, dikatakannya juga bahwa personel yang diterjunkan ke masyarakat adalah bentuk pendampingan terhadap aktivitas masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Sehingga, setiap pontensi kemungkinan terjadinya penyebaran virus, akan dilakukan antisipasi terlebih dahulu.

“Ini juga sebagai langkah mencegah adanya pelanggaran protokol kesehatan, mengingat perayaan Idul Fitri tahun ini masih dalam masa pandemi Covid-19” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, jika berdasarkan aturan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sendiri tidak ada larangan untuk melakukan ziarah ke makam pada saat Hari Raya Idul Fitri. Meski demikian, pihaknya mengambil langkah untuk meminimalisir terjadinya penyebaran baru covid-19 di masyarakat.

BACA JUGA: Polda Kalteng Terjunkan Personel Pengecekan ke Destinasi Wisata

Sehingga, lanjutnya perosel diterjunkan untuk mengingatkan masyarakat agar tetap menjalankan prokes, termasuk saat melakukan ziarah. Mulai dari menggunakan masker dan mengindari terjadinya kerumunan yang berpotensi menimbulkan penularan baru covid-19.

“Masyarakat tetap kami ingatkan agar selalu menggunakan masker dan menjaga jarak saat melakukan ziarah” pungkasnya.

Pada hari yang sama juga, perosel gabungan Operasi Ketupat Telabang dari Polda Kalteng melakukan pengecekan di sejumlah tempat wisata yang ada di Kota Palangka Raya. pengecekan ini, agar memastikan bahwa untuk sementara waktu destinasi wisata yang ada di Kota Palangka Raya tutup berdasarkan surat edaran dari Wali Kota Palangka Raya. (bud)

DMCA.com Protection Status