fbpx

Masalah Sampah, DLH Pulpis Realisasikan Penambahan Armada

Masalah Sampah, DLH Pulpis Realisasikan Penambahan Armada
PENJELASAN: Kadis DLH Kabupaten Pulang Pisau, Wartoy menyampaikan terkait penambahan armada pengangkut sampah, Jumat (30/4/2021). (FOTO: BNAGUN).

PULANG PISAU – Sebagai langkah memenuhi kebutuhan pasukan pengangkut sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau merealisasikan penambahan armada pada anggaran 2021. Hal ini sebagai upaya memberi solusi kebutuhan kekurangan armada di dinas tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Wartoy mengatakan, saat ini dalam melakukan kegiatan angkut sampah, DLH hanya memiliki 2 unit truk pengangkut. Bahkan, kondisi armada tersebut tidak dapat berjalan maksimal karena sering rusak. Dampaknya, sering terjadi masalah penumpukan sampah yang selalu menjadi permasalahan klasik.

Selain itu, kata Wartony, DLH saat ini mempunyai personel yang kurang memadai dengan luasan wilayah yang memerlukan penanganan cepat untuk segera dilakukan pengangkutan sampah di sejumlah TPS yakni sebanyak 35 orang. Jumlah ini terbagi dari tukang sapu 24 orang, tenaga angkut 11 orang, sopir 3 orang serta mekanik 1 orang.

“Jumlah ini masih sangat kurang. Apalagi armada juga sering mengalami kendala” kata Wartony, Jumat (30/4/2021).

Wartoni juga mengatakan, untuk menyelesaikan persoalan sampah diperlukan kerjasama dengan semua lapisan masyarakat untuk tertib membuang sampah, tertib masukkan sampah pada tempatnya serta membuang sampah pada malam atau pagi hari agar tidak terjadi penumpukan sampah.

“Kami berharap masyarakat bisa bekerjasama dengan kita untuk tertib membuang sampah. Baik waktu dan membuang pada bak yang tersedia serta dilakukan malam hari agar memudahkan tim mengangkut pada pagi hari,” kata Wartoni.

DMCA.com Protection Status